Komisi

 

KOMISI-KOMISI
  • Komisi merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD pada awal masa jabatan keanggotaan DPRD.
  • Setiap anggota DPRD kecuali Pimpinan DPRD, wajib menjadi anggota salah satu Komisi.
  • Jumlah Komisi sebanyak-banyaknya 4 (empat) Komisi.
  • Jumlah anggota dalam setiap Komisi diupayakan sama.
  • Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi dipilih dari dan oleh anggota Komisi dan dilaporkan dalam Rapat Paripurna DPRD.
  • Penempatan anggota DPRD dalam Komisi dan perpindahan ke Komisi lain, didasarkan atas usul Fraksi dan dapat dilakukan setiap awal tahun anggaran.
  • Keanggotaan dalam Komisi diputuskan dalam Rapat Paripurna DPRD atas usulan Fraksi pada awal tahun anggaran.
  • Masa jabatan Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi ditetapkan paling lama 2½ (dua setengah) tahun dan dapat dipilih kembali.
  • Masa tugas Komisi ditetapkan 2½ (dua setengah) tahun dan dapat dipilih kembali.
  • Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu menduduki tempat anggota Komisi yang digantikan.

Komisi-Komisi mempunyai tugas :

  1. Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Melakukan pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah dan APBD serta rancangan keputusan DPRD.
  3. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD sesuai dengan ruang lingkup tugas Komisi.
  4. Membantu Pimpinan DPRD untuk mengupayakan penyelesaian masalah yang disampaikan oleh Bupati dan/atau masyarakat kepada DPRD.
  5. Menerima, menampung dan membahas serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat.
  6. Memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.
  7. Melakukan kunjungan kerja Komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD.

Komisi DPRD terdiri atas :

  1. Komisi A  :  Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan dan Keuangan Daerah
  2. Komisi B  :  Bidang Ekonomi
  3. Komisi C  :  Bidang Sosial Budaya
  4. Komisi D  :  Bidang Tata Ruang dan Infrastruktur